Rabu, 14 Desember 2011

SISTEM PENYAMBUNG KOMPUTER DENGAN INTERNET

Internet merupakan jaringan komputer yang sangat besar, agar bisa terhubung ke jaringan tersebut (internet), sebuah komputer membutuhkan perangkat keras (hardware) tambahan untuk bisa mengakses internet. Perangkat keras tersebut adalah modem dan telepon.
Modem singkatan dari modulator demodulator, berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (suara) dan mengubah sinyal analog (suara) menjadi sinyal digital. Pengubahan sinyal ini diperlukan karena menyambung komputer ke internet dengan modem memanfaatkan jalur telepon yang hanya bisa melewatkan sinyal analog (suara), sehingga pada saat komputer mengirim data ke internet sinyal digital dari komputer diubah menjadi sinyal analog (suara) oleh modem dan kemudian dikirimkan melewati jalur telepon.
Di sisi penerima, sinyal analog (suara) dari jalur telepon diubah menjadi sinyal digital oleh modem agar bisa diterima oleh komputer penerima. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps) atau bit per detik. Modem yang banyak ditemui di pasaran kecepatannya 56 kilobits per second atau 56 kbps. Ada 2 jenis modem, yaitu internal dan eksternal. Modem internal dipasang langsung di mainboard komputer (di dalam CPU), sedangkan modem eksternal dipasang di luar CPU (terpisah dengan komputer) dan dihubungkan ke CPU menggunakan kabel.
Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubung ke internet karena jalur telepon (kabel telepon) digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem.

Perangkat Lunak/ Software/ Program komputer tambahan untuk menjalankan berbagai aplikasi internet antara lain sebagai berikut :

1. Mengakses web/ membuka aplikasi WWW menggunakan software browser, contoh software browser : Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla, Opera, Mozilla Firefox, Avant Browser, dll
2. Menjalankan aplikasi FTP bisa menggunakan software antara lain : Cute FTP, Go!zilla, WS-FTP, dll
3. Bercakap-cakap di internet (chatting) bisa menggunakan software : Mirc, Yahoo Messenger, Gaim, ICQ Messenger, dll
4. Manajemen email bisa menggunakan software Outlook Express, Microsoft Outlook, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar