Rabu, 14 Desember 2011

PERTUMBUHAN INTERNET ~

Jika membicarakan tentang sejarah Internet, maka tidak akan pernah lepasdari ARPANET dan NSFNET (The US National Science Fundation). Keduajaringan ini merupakan penggagas jaringan Internet yang kini kita gunakan. Padatanggal 1 Januari 1983 TCP/IP dinyatakan sebagai satu-satunya protokol resmi.Sejak ARPANET dan NSFNET digabungkan, maka pertumbuhan penggunaaan jaringan inisemakin banyak. Kemudian pada pertengahan tahun, masyarakat mulai memandangkumpulan-berbagai macam jaringan ini sebagai Internet.
Perkembangan Internet kian marak pada tahun 1990 dimana kumpulan jaringanini telah bertumbuh menjadi 3000 jaringan dan 200.000 komputer. Tahun 1992kurang lebih tercatat 1 juta host telah terkumpul di Internet. Menurut Paxson,pada tahun 1995 terdapat banyak backbone, ratusan jaringan regional, puluhanribu LAN, jutaan host dan puluhan juta pengguna. Disinyalir jumlah ini terusbertambah dua kali lipat setiap tahunnya. Secara sederhana pada awalpemakaiannya Internet mempunyai empat aplikasi utama sebagai berikut:
  • Email
  • News
  • Remote Login
  • Transfer File
Seiring dengan berjalannya waktu pada tahun 1990 Internetlebih banyak dipakai di kalangan akademis dan pemerintahan, hingga kemudiandiumumkan aplikasi WWW (World Wide Web) yang sangat membantu kalangan nonakademis ke jaringan. Selain itu WWW juga memungkinkan pembuatan sejumlahhalaman informasi yang dihubungkandengan link-link satu sama lain, disertai oleh gambar, suara, dan video.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar